June 3, 2010

konsep kelemahan | 2 Kor 12:1-10

Nguantoook!!!! Hahaha...bahkan pas aku ngetik ini aku barusan menguap ('O')....Pagi tadi nguantuk banget pas saat teduh, gak tau kenapa. Lucunya pas abis baca dan mau renungin apa yang mau disampein Tuhan hari ini aku sempet "ngilang" alias ketiduran! Gosh..

Hari ini aku blajar tentang konsep dari bermegah dalam kelemahan. Seringkali aku memandang sebuah kelemahan sebagai sesuatu yang negatif. Makanya pas tadi baca frase "bermegah dalam kelemahan" aku sempet bingung. Trus akhire dapet rhema waktu diingetin artikel Inspired Faith yang sempet ku-post kemarin lusa (flaws). Dari situ, aku bisa renungin tentang konsep dari kelemahan.

Setiap kita yang hidup di dalam Tuhan Yesus, tiap hari berperang dengan kelemahan kita. Dan ketika kita jatuh dalam dosa karena kelemahan kita, kita mulai menyesal karena merasa kita udah mengecewakan Tuhan. Biasanya karena mengasihani diri dan merasa nggak layak, kita malah menjauh dari Tuhan. Itu tipuan Iblis! Karena ketika kita menjauh dari Tuhan , kita malah sulit untuk bangkit lagi. Tuhan Yesus udah nebus SEMUA dosa dan kelemahan kita di kayu salib dan itu semua adalah kasih karunia yang kita trima. Makanya waktu ketika kita gagal dalam kelemahan kita, hal yang harus dilakukan adalah langsung berlari padaNya, minta ampun dan kekuatan untuk bangkit lagi. Segala intimidasi dan persaan nggak layak dibuang jauh2 dan nggak usah didenger. Tuhan tetep trima kita ketika kita kembali padaNya, bagaimana pun kita. Mengapa? karena kasihNya ke kita itu sempurna!

Jadi konsep bermegah dalam kelemahan yang aku plajari pagi ini:
1. Kelemahan adalah sebuah kejujuran (honesty) kalau kita ini manusia yang butuh Tuhan.
2. Kelemahan kita membuat kita semakin deket dengan Tuhan karena dengen deket-deket Tuhan, kita bisa memperoleh kekuatan.
3. Dengan kelemahan, kita dapat menerima dan merasakan kasih karunia Tuhan yaitu pengampunan dan kasih tak bersyarat.
4. Kelemahan kita membuat kita sadar kalau kita nggak boleh sombong atau bermegah karena kehebatan kita (termasuk dalam hal rohani/ sombong rohani). Semua karena kasih karunia Tuhan

Paulus ngomong gini di ayat 7, 8 dan9:
"Dan supaya aku jangan meninggikan diri karena penyataan-penyataan yang luar biasa itu, maka aku diberi suatu duri di dalam dagingku, yaitu seorang utusan Iblis untuk menggocoh aku, supaya aku jangan meninggikan diri. Tentang hal itu aku sudah tiga kali berseru kepada Tuhan, supaya utusan Iblis itu mundur dari padaku.Tetapi jawab Tuhan kepadaku: "Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna." Sebab itu terlebih suka aku bermegah atas kelemahanku, supaya kuasa Kristus turun menaungi aku."

Keren ya Tuhan itu =) DIA mengijinkan kita untuk berperang lawan dosa untuk nglatih kita jadi lebih baik tapi waktu kita gagal, DIA tetep kasih kekuatan untuk kita bangkit lagi. Sebab jika aku lemah, maka aku kuat.

3 comments:

  1. I have NO IDEA what you wrote dear! :D Translation, please? :)All I can say is that the picture in the intro is pretty <3

    ReplyDelete
  2. Hmmm, tentang kelemahan ya...
    What I get these days si, I complained a lot about the lack of this and that in my life often. And I realized recently that I've been so blessed in many ways. It's just that I'm taking everything for granted. But once I count my blessing, I almost cry lo, literally cry. God's been amazingly good. So I'm learning to give thanks more often these days. One of the thing I'm thanking God for is "kelemahan". I see that it keeps me sober and realize that I need God :)

    I don't know, lately my heart's been overflowing with joy. I just can't thank Him enough. My life is beautiful!

    ReplyDelete
  3. >Luci - This is about the concept of weaknesses, Luci...Because we are weak, we need to get close to God so He can make us strong...the picture is indeed amazing, got it from flickr blog =)

    >Feb - Hey, that's gr8 if ur life is beautiful and getting more beautiful day by day...even in ur hard situation, u still can choose to live in joy coz God's grace...im happy for u, Feb =)

    ReplyDelete

thaaaaannk youuuuuuu ^^