May 26, 2010

Ikat Pinggang | Yeremia 13:1-11

Pagi ini aku renungin tentang pengalaman Yeremia ketika Tuhan memberikan ilustrasi padanya mengenai ikat pinggang. Aku belajar kalau ikat pinggang itu cerminan dari RHEMA yang kita dapat ketika kita merenungkan Firman Tuhan sehari-hari. Atau bisa dikatakan ikat pinggang yang dimaksud itu adalah hasil dari hubungan komunikasi kita dengan Tuhan.

Lho, kok bisa?

1. Sama seperti ikat pinggang yang melekat pada tubuh kita, menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kita (setidaknya orang jaman Yeremia dulu). RHEMA/ Firman Tuhan juga semestinya melekat sama hidup kita. Kita menghidupi Firman Tuhan itu sehari-hari.

2. Di ilustrasi, Tuhan ngomong kalau ikat pinggang itu disembunyikan akan jadi lapuk dan nggak ada gunanya. Ikat pinggang yang dipakai itu pasti bisa dilihat orang. Demikian juga dengan RHEMA-RHEMA yang kita dapatkan dari Firman Tuhan. Kita mesti bagikan ke semua orang yang ada supaya mereka juga mendapatkan berkat yang sama dengan kita.

3. Ikat pinggang juga berbicara mengenai fungsi untuk mengetatkan pakaian agar tidak longgar. Hal ini berbicara bahwa setiap Firman Tuhan dan RHEMA yang kita dapatkan adalah suatu kontrol terhadap perilaku ego (keinginan daging) kita supaya kita nggak ngawur. Jadi Firman Tuhan ini jagain kita untuk tetep hidup bener.

Dan akhirnya, ketika Firman Tuhan melekat pada hidup kita sama seperti ikat pinggang yang melekat pada tubuh, ayat 11 berkata bahwa,"...demikianlah firman TUHAN, supaya mereka itu menjadi umat, menjadi ternama, terpuji dan terhormat bagi-Ku..." Menjadi ternama , terpuji dan terhormat di sini bukan di hadapan manusia tapi di hadapan Tuhan.

"Tuhan Yesus, terima kasih atas rhema mengenai ilustrasi ikat pinggang hari ini. Beri aku kekuatan untuk senantiasa melekat pada FirmanMu (dan pake ikat pinggang itu di perutku dan nggak mau kulepas hehehee)"

ps: aku mau praktekin poin yang nomor 2 makanya mulai hari ini daripada aku cuma tulis rhema yang aku dapat di personal note-ku, aku mau bagi di thousand sunny. Dan karena aku pengen bagiin tiap hari jadinya aku nggak sempet terjemahin ke bahasa Inggris (so sorry) moga2 bisa jadi berkat buat kalian, guys =)

2 comments:

  1. The picture is totally cool Jak. You're getting better and better as an artist!!! And the message is what's important, I think. You spend your whole week laying sick while reading lots and lots of the Scripture, yah? Hahahahahaha.

    ReplyDelete
  2. >Feb - Heyy..that's too much Feb...i only grab it from google then re-touched it by adding the fonts..thanks anyway =) LOL honestly im reading scripture in my morning devotion everyday...when i was sick, i spent it by watching HOUSE,MD serials :P

    ReplyDelete

thaaaaannk youuuuuuu ^^